Minggu, 27 Mei 2012

Home » » CandleStick

CandleStick


Grafik candle stick
Analis teknikal merupakan analisa grafik,karna pergerakan harga tertuang dalam grafik,namun saya merekomondasikan candlestick sebagai grafik yang paling baik karena menyediakan informasi yang lebih banyak dibandingkan line chart,serta lebih mudah untuk diamati secara visual dibandingkan bar chart.
Grafik candlestick terdiri dari sekumpulan badan candle dimana terdapat tubuh candle yang menunjukan harga pembukaan dan penutupan.ekor candle menunjukan harga tertinggi dan harga terendah,dah candlestick menunjukan pergerakan harga dalam rentang waktu tertentu.



pada gambar grafik diatas tampak lilin-lilin yang berjajar,ada yang memiliki ekor panjang,dan ada yang memiliki ekor pendek. ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna orange,masing-masing tanda memiliki arti serta fungsi yang berbeda dan itu sangat berguna untuk memprediksi harga.


Tubuh Candle
setiap tubuh candle menyediakan informasi yang sangat penting,yang dapat dipergunakan untuk memprediksi pergerakan harga selanjutnya.setiap bentuk tubuh candle menunjukan psikologi pasar yang sedang terjadi.


Arti dari gambar tubuh candle tersebut adalah..:
Open (pada tubuh candle) menunjukan harga pembukaan pada rentang waktu tertentu.
Closs (pada tubuh candle) menunjukan harga penutupan pada rentang waktu tertentu.
High  (pada ekor candle)  menunjukan harga tertinggi pada rentang waktu tertentu.
Low   (pada ekor candle)  menunjukan harga terendah pada rentang waktu tertentu.

candle hijau menunjukan bahwa harga penutupan lebih tinggi dari harga pembukaan,hal ini berarti aksi beli jauh lebih besar daripada aksi jual maka terjadi kenaikan harga.
candle orange menunjukan bahwa harga penutupan lebih rendah dari harga pembukaan,hal ini memberi arti bahwa terdapat tekanan jual yang jauh lebih besar dari harga beli maka terjadi penurunan harga.

Beberapa bentuk Candle yang penting

Bentuk tubuh candle menunjukan kekuatan emosi para pelaku pasar.
  • Tubuh Candle panjang

tubuh candle yang panjang menunjukan adanya daya beli yang kuat yang digambarkan dengan candle hijau.
dan tekanan jual yang sangat kuat  ditunjukan untuk candle orange.


  • Tubuh Candle pendek

tubuh candle yang pendek menunjukan adanya ketidakpastian dalam market,gambar dibawah ini disebut dengan doji,dan sering kali menunjukan tanda pembalikan arah harga.double doji sering menunjukan tanda akan breakout tapi masih membutuhkan konfermasi.


  • Long legged doji

long legged doji menunjukan adanya daya tarik menarik yang sama kuat antara penjual dan pembeli.



  • Hammer dan Hanging man

tubuh candle yang pendek dengan ekor yang panjang menunjukan adanya kemungkinan reversal atau pembalikan harga.Hammer terjadi setelah mengalami trand turun yang kuat.jika muncul setelah trand menguat yang tajam maka disebut hanging man.


  • Inverted Hammer dan Shooting Star

inverted hammer terjadi setelah  trand menurun yang kuat.jika ini muncul setelah trand menguat yang tajam,maka disebut shototing star.keduanya merupakan tanda adanya kemungkinan pembalikan harga pada sebuah pair.



Naah...setelah membaca dan memahami isi pembeelajaran ini,silahkan diterapkan pada grafik dan semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk menyertai karier trading anda...Salam sukses..






Share this article :
 
Copyright © 2011. Rian Wardhana.blogspot.com: CandleStick . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from CBS News