Rabu, 11 Juli 2012

Home » » Set up Condition

Set up Condition

   Set up condition adalah bagaimana kita mengatur berbagai elemen analisis teknikal untuk melakukan market filter,hal itu dapat dilakukan dengan analisis teknikal sederhana,dengan mengatur beberapa indikator ataupun trendline untuk mengetahui trend pergerakan harga, serta untuk menentukan support dan resistance untuk membuat sebuah system yang baik.
Banyak trader yang terjebak untuk mencari indikator yang terbaik yang digunakan sebagai jurus pamungkas untuk mencapai trading yang menguntungkan.
   Ada beberapa analis yang menggunakan begitu banyak indikator,parameter,dan bahkan ada yang menggunakan rumus2 rumit yang dianggapnya sebagai sebuah jurus pamungkas.
Bayangkan,hanya untuk menentukan titik support dan resistance seorang trader menggunakan lebih dari 5 buah indikator sebagai konfermasi letak support dan resistance yang akhirnya akan membuat diri mereka bingung karena membaca indikator yang terpasang pada grafik dan berbentuk ruwet....
   Bahkan tidak jarang di sebuah forum,chat room,atau tempat2 komunitas lainnya,para trader memperdebatkan indikator dan system yang terbaik.mereka rela menghabiskan banyak waktu dan tenaga hanya untuk menguji dan berdebat.Bahkan banyak pula diantara mereka yang membuat sebuah indikator sendiri..
Memang tidak salah jika seorang trader mencari sebuah indikator yang baik untuk diri pribadinya sendiri,atau menciptakan sebuah indikator sendiri,namun menurut hemat saya,tidaklah bijaksana jika seorang trader terjebak dalam lingkaran setan untuk mencari sebuah jurus pamungkas.
   Manusia sering kali terjebak dalam sebuah pemikiran yang rumit dan tidak efisien ketika harus menyelesaikan sebuah permasalahan.seperti contoh berikut ini...

   Contoh nyata yang pertama adalah,tentang kasus kotak sabun kosong yang terjadi disebuah perusahaan di jepang,Perusahaan tersebut menerima keluhan dari seorang pelanggan bahwa ia telah membeli sebuah kotak sabun yang kosong.
dengan segera para pimpinan perusahaan menyampaikan masalah tersebut kepada bagian pengepakan yang bertugas untuk memindahkan semua kotak sabun yang sudah dipack kebagian pengiriman.Tim manageman menanggapi dengan serius dengan meminta para teknisi untuk memecahkan masalah tersebut.
dan dengan segera para teknisi bekerja keras untuk membuat mesin menggunakan mesin sinar X dengan monitor beresulusi tinggi yang dioperasikan oleh dua orang untuk memantau semua kotak sabun yang melewati sinar X,dan ternyata tidak ada kotak sabun yang kosong.
Untuk menciptakan sebuah mesin sinar X ini,mereka menghabiskan banyak tenaga,pikiran dan juga biaya berupa uang.
    Sebuah perusahaan sabun lainnya mengalami permasalahan yang serupa,dan ini merupakan sebuah perusahaan yang tergolong kecil.yang mereka lakukan sungguh mengejutkan,mereka tidak melakukan hal2 yang rumit dan bersifat mahal,mereka hanya cukup membeli sebuah kipas angin listrik untuk industri dan mengarahkannya kearah garis pengepackan,mereka menyalakan kipas angin tersebut,dan setiap kotak sabun kosong yang melewati kipas angin tersebut akan terlempar keluar.sungguh sederhana,cepat,dan efesien sekali.....

   Contoh kedua adalah,kisah para astronot amerika,pada saat NASA mulai mengirimkan astronot mereka keluar angkasa.mereka menemukan masalah bahwa pena(bolpoint) mereka tidak berfungsi di gravitasi nol karena tinta tidak mengalir ke mata pena.
untuk memecahkan masalah ini mereka menghabiskan waktu sekitar 10 tahun dan dana yang tidak sedikit yaitu mencapai 12 juta dollar.mereka menciptakan sebuah pena yang mampu berfungsi pada situasi gravitasi nol,terbalik,didalam air,pada berbagai permukaan termasuk kristal,serta dalam temperatur dibawah titik beku sampai lebih dari 300 derajad celcius.
   Dan apa yang dilakukan rival mereka para astronot dari rusia untuk memecahkan masalah tersebut..????
para astronot dari rusia ini cukup hanya menggunakan PENCIL....!!!
Hal ini sangat menepelak NASA,para astronot rusia bahkan tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun untuk memecahkan masalah tersebut...

Solusi yang baik seharusnya menawarkan kesederhanaan dan kemudahan,dan yang terpenting adalah efektivitasnya,,Bersikap sederhana bukan berarti menggampangkan.

Sistem trading A baik untuk trader A,belum tentu berjalan dengan baik ketika dipakai oleh trader B,demikian juga sebaliknya.
karna sebagaimana kodratnya manusia adalah mahluk yang unik,sehingga memiliki psikologis yang unik pula.
Sikap rumit akan membuat seorang trader terjebak dalam sebuah kebingungan,sebaliknya dengan bersikap sederhana,seorang trader akan merasa yakin dan tidak terbebani secara psikologis.system atau indikator yang bagus hanyalah sarana penunjang jika tanpa disiplin dan pengendalian emosi yang baik,trader yang memiliki indikator terbaik pun(seandainya ada) tidak akan mendapat hasil (sia-sia)...


Share this article :
 
Copyright © 2011. Rian Wardhana.blogspot.com: Set up Condition . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from CBS News