Minggu, 30 Desember 2012

Home » » Bursa Saham Dunia

Bursa Saham Dunia


Bursa Saham
Bursa saham (pasar efek obligasi dan kepemilikan surat berharga lainya) – merupakan bagian dari pasar modal; pasar sekuritas yang terlibat dalam setiap saham maupun pasar Over The Counter (Pasar OTC).
Bursa saham adalah sebuah konsep abstrak, yang didefinisikan sebagai seluruh tindakan dan mekanisme yang memungkinkan untuk melakukan perdagangan sekuritas (saham, obligasi, dll). Konsep pasar saham merupakan organisasi dengan tujuan sebagai berikut : menyediakan tempat untuk melakukan transaksi perdagangan dan mengatur kerjasama pembeli dan penjual sekuritas.

NYSE
New York Stock Exchange - Bursa saham utama di USA, terbesar didunia dan simbol dari kekuatan keuangan USA dan seluruh industri keuangan. Index Dow Jones yang terkenal mendunia dalam perusahaan industri dan saham, serta index gabungan NYSE berada di New York,
NYSE gabungan - salah satu index saham yang paling populer di dunia. NYSE menggambarkan perubahan nilai semua saham, yang dikuotasi pada bursa saham New York, meliputi 1500 perusahaan terbesar Amerika dengan total modal lebih dari $20 milyar. Itulah mengapa NYSE Gabungan dapat dianggap sebagai sebuah indikator dalam perekonomian AS.
Pasar saham didirikan pada tanggal 17 Mei 1972. Sejak tahun 1975 pasar tersebut telah menjadi sebuah perusahaan non komersial yang dimiliki oleh 1336 anggota ((figur ini tidak berubah sejak tahun 1953). Keanggotaan dapat dibeli; harga untuk saham dapat mencapai $3 juta.
Di awal bulan Mei 2006 NYSE bergabung dengan bursa saham elektronik Archipelago Holdings dan untuk pertama kalinya menawarkan sahamnya untuk para investor, kemudian menjadi organisasi komersial.
Perdagangan saham NYSE Group dilakukan di bursa saham; Molda selama awal bulan Maret 2006 sebesar $12,5 milyar. Transaksi dengan ribuan sekuritas dan saham dilakukan disini. Total modal perusahaan yang melakukan trading di NYSE adalah $26,5 triliun pada akhir tahun 2006.
Jam kerja: 1:30 p.m. - -8:00 p.m. (senin – jumat) GMT
2:30 p.m. - 9:00 p.m. di musim dingin (senin – jumat) GMT

NASDAQ
NASDAQ (singkatan untuk National Association of Securities Dealers Automated Quotation) - pasar off-exchange Amerika, yang mengkhususkan pada saham perusahaan teknologi tinggi (elektronik, produksi software dan lain-lain). Satu dari tiga saham utama Amerika (bersama dengan NYSE dan AMEX) adalah unit NASD yang dikendalikan oleh SEC. Pemilik bursa saham– grup perusahaan Amerika NASDAQ OMX. Selain NASDAQ, NASDAQ OMX Group memiliki lebih dari 8 saham eropa.

Pada saat itu lebih dari 3200 perusahaan termasuk perusahaan Rusia melakukan trading di NASDAQ
Sesi perdagangan regular NASDAQ dimulai pada 09:30 am dan berakhir pada 4:00 pm (waktu bagian Amerika Timur). Transaksi perdagangan dilakukan berdasarkan platform SuperMontage dan Primex. Setelah akhir sesi regular, maka akan memungkinkan untuk melakukan trading hingga pukul 8:00 pm dengan menggunakan platform SelectNet. Skema yang digunakan dalam pasar bursa NASDAQ berbeda dari skema yang tradisional . Beberapa dealer bersaing untuk memenuhi permintaan klien. Baru baru ini ada sekitar 600 dealer. Fungsi utama dealer di NASDAQ (seperti halnya NYSE) menyediakan dan mempertahankan likuiditas dari grup saham tertentu selama trading. Dealer harus memenuhi permintaan apapun yang terjadi jika tidak ada permintaan berlawanan yang sesuai dipasar. Beberapa dealer mendukung ratusan saham, sementara dealer lainnya mendukung ribuan saham. Akibatnya, beberapa tipe saham didukung oleh 14 dealer, sementara tipe lainnya didukung hingga 50 dealer. Kuotasi NASDAQ merupakan hasil korelasi kuotasi yang disediakan oleh dealer dan sistem trading alternatif.
Jam kerja: 1:30 p.m. - 8 p.m. di musim panas (senin – jumat)
2:30 p.m. - 9:00 p.m. di musim dingin (senin – jumat))

NYMEX
New-York Merchantile Exchange (NYSE: NMX) didirikan pada tahun 1872, menempati tempat pertama didunia dalam perdagangan minyak berjangka. Kontrak untuk minyak, gas, platinum, palladium, emas, perak, tembaga dan alumunium diperdagangkan di bursa ini. Menurut data dari Futures Industry Association pada tahun 2006, 216 Milyar transaksi telah dilakukan. Laba NYMEX pada tahun 2006 adalah sebesar USD 497,3 Milyar, laba bersih USD 154,8 Milyar. Modal – USD 11,4 Milyar.

LSE
London Stock Exchange - Salah satu bursa eropa terbesar dan tertua. Resmi didirikan pada tahun 1801, namun menurut fakta sejarah sebenarnya dimulai pada tahun 1570, ketika agen keuangan kerajaan dan penasehat Thomas Gresham membangun “Royal Exchange” dengan uangnya sendiri. LSE adalah perusahaan saham gabungan, yang sahamnya sendiri diperdagangkan di LSE.
Jam kerja: 07:30 p.m. - 03:30 p.m. di musim panas (Senin-Jumat)
08:30 p.m. - 04:30 p.m.di musim dingin (Senin-Jumat)

TSE
Bursa Saham Tokyo didirikan pada tahun 1878. TSE adalah anggota organisasi unprofitable. Merupakan badan hukum dan memiliki hak lebih dalam lingkup pemerintahan sendiri.
Tokyo Stock Exchange meliputi 80% dari omset saham negara. Trader utama adalah pemilik surat-surat berharga institusional. Di Jepang pemilik individu hanya memiliki 20% yang terlibat dalam bursa saham, dan 80% termasuk dalam organisasi keuangan perusahaaan asuransi dan korporasi.
Pemilik tidak memperhitungkan deviden (di awal 1990 deviden 70 kali lebih murah daripada harga saham pasar), namun nilai saham meningkat dan pemilik mendapatkan keuntungan dengan menjual saham dengan harga yang lebih tinggi (rata rata laba tahunan dalam penjualan saham di tahun 1980-1994 adalah 34.7%). Metode perdagangan utama adalah pelelangan dua arah secara terbuka. Hingga 80% dari semua saham yang diperdagangkan di negara tersebut dijual dan dibeli di bursa saham Tokyo (Tokyo Stock Exchange). 1517 organisasi dari 1.3-1.5 juta perusahaan yang ada di Jepang terdaftar disini, tetapi mereka memproduksi lebih dari 25% dari semua komoditas dan jasa..
Pada tahun 2005 Bursa Saham Tokyo menempati tempat kedua dalam klasifikasi dunia bursa saham VSE yang menempati peringkat pertama di seluruh dunia dengan 2.500 perusahaan, yang menghasilkan laba lebih dari USD 3.000 Milyar.
Bursa saham Vienna (VSE) adalah salah satu bursa saham tertua dan satu-satunya tempat transaksi di Austria. Bursa saham ini melakukan perdagangan saham, obligasi dan derivative. Didirikan pada tahun 1771 oleh pemerintahan Maria Teressa untuk perdagangan obligasi pemerintah. VSE adalah perusahaan swasta.
Volume dagang - $ 48 468 milyar,
terdaftar - 110 companies,
kapitalisasi - $ 157 358 milyar,
Profit - EUR 8,12 juta.
Jam kerja: 07:00 - 15:30 selama musim panas (Senin - Jumat) GMT,
08:00 - 16:30 selama musim dingin (Senin - Jumat) GMT.

FBW
The Frankfurt Stock Exchange merupakan bursa yang terbesar di Jerman dan salah satu bursa terbesar di dunia Operator pada tempat transaksi ini adalah Deutsche Boerse dari grup AG. Awal mula keberadaan bursa saham ini adalah pada tahun 1585- tahun saat diterimanya nilai tukar pedagang Frankfurt yang telah menjadi pusat terbesar di Eropa pada saat itu. FBW menduduki posisi terdepan di Jerman sejak tahun 1949, lalu dipindahkan ke dalam kendali "Grup Deutsche Boerse" pada tahun 1993.
Index utama - DAX, yang menggambarkan harga saham dari 30 perusahaan Jerman utama dan merupakan sebuah barometer perekonomian Jerman.
Jam kerja: 07:00 - 15:30 selama musim panas (Senin - Jumat) GMT
08:00 - 16:30 selama musim dingin (Senin - Jumat) GMT.

RTS
Sistem trading Rusia (RTS) dirikan di pertengahan tahun 1995 dengan tujuan untuk menyatukan pasar regional menjadi pasar finansial tunggal yang terorganisasi di Rusia. RTS berada dibawah grup RTS..
RTS umumnya diakui sebagai pusat harga saham dan obligasi dari berbagai penerbit. Informasi mengenai perdagangan di RTS merupakan sumber data yang paling penting yang menginformasikan mengenai situasi pasar sekuritas Rusia karena RTS merupakan tempat transaksi trading yang melayani sebagian investasi portofolio Rusia dan asing ke dalam saham perusahaan Rusia.
Jam kerja: 07:00 - 15:00 (Senin - Jumat) GMT.


Share this article :
 
Copyright © 2011. Rian Wardhana.blogspot.com: Bursa Saham Dunia . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from CBS News