Sabtu, 02 Juni 2012

Home » » Exit Rules

Exit Rules

Exit Rules,kita harus tau kapan akan menyelesaikan keuntungan ketika transaksi telah menguntungkan,dan kapan harus membatasi kerugian atau melakukan proteksi modal dengan stoploss ketika transaksi kita rugi.
Buatlah batasan sejauh mana anda sanggup menanggung kerugian dan buatlah batasan untuk merealisasikan tingkat keuntungan.

Ada dua macam jenis Exit Rules :
  • Take Profit/Ambil Keuntungan yaitu target atau level keluar untuk merealisasikan keuntungan.
  • Stop Loss/Proteksi yaitu level atau target untuk membatasi tingkat kerugian dan melindungi modal.
Take Profit
Penentuan level take profit berfungsi untuk menentukan target teknikal akan keuntungan yang kita raih,sehingga ketika harga bergerak pada nilai yang kita harapkan,posisi akan ditutup secara otomatis.dengan merealisasikan keuntungan,berarti kita sedang melindungi keuntungan kita dan mencegah keuntungan tersebut berubah menjadi sebuah kerugian.
Jika market melanjutkan rally setelah kita merealisasikan keuntungan,anda tidak perlu menyesal karena anda telah memperoleh keuntungan ditangan anda.Saya tidak mengatakan bahwa anda tidak boleh mengambil keuntungan yang spektakuler,namun tetapkan level take profit anda sesuai dengan potensi yang ditawarkan oleh market,dan bersikaplah disiplin pada level yang telah anda tetaokan.
Bagaimana cara menentukan level Take Profit...???
Dalam menentukan Take profit,baik untuk posisi buy pada pullback atau pada break out trade,kita berpegang pada support dan resistance.
  • Posisi Buy saat pullback atau Buy di level Support
Anda bisa merealisasikan keuntungan ketika harga bergerak naik mendekati resistance berukutnya.
Langkah mudahnya cukup dengan menentukan titik support dan resistance untuk zona buy dan sell nya.Strategi ini dikenal dengan metode Swing trading,jika dilakukan dalam rentang waktu harian.
perhatika gambar dibawah ini...

 KET: Take Profit(TP) pada posisi buy saat pullback/support

  •  Posisi Sell saat pullback atau Sell di level Resistance
Anda bisa merealisasikan keuntungan ketika harga bergerak turun mendekati level support berikutnya.
Untuk langkah mudahnya hanya menentukan dimana letak titik resistance,dan memilih support sebagai target take profit nya..
perhatikan gambar berikut ini...

Ket:Take profit (TP)untuk posisi Sell saat pullback/resistance

  • Posisi Buy saat break out
Anda bisa merealisasikan keuntungan ketika harga bergerak naik mendekati resistance berikutnya setelah berhasil melewati resistance sebelumnya.
perhatikan gambar berikut ini...


  • Posisi Sell saat break down
Anda bisa merealisasikan keuntungan disaat harga bergerak turun mendekati support berikutnya setelah berhasil melewati support sebelumnya (break down).
perhatikan gambar berikut...


Masaih banyak cara anda untuk merealisasikan keuntungan dan juga kerugian.sehingga menjadi trading plan yang bisa anda terapkan. 




Share this article :
 
Copyright © 2011. Rian Wardhana.blogspot.com: Exit Rules . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from CBS News