Kamis, 01 Maret 2012

Home » » Logika Bisnis Trade

Logika Bisnis Trade

Hidupnya dunia ini karena adanya aktifitas perdagangan/pertukaran/exchange,,,
ada 2 jenis product yang berbeda yg menjadi media pertukaran tsb,,disinilah awal dimulainya perdagangan,sejak kapan,,??? aktifitas pertukaran sudah dilakukan sejak terbentuknya bumi ini,,,dan tuhan telah menciptakan segala sesuatu didunia ini secara berpasangan,,,

Khususnya untuk teknik hadging ada yang berpendapat bahwa :
  • akan mematahkan fungsi indikator , dan secara tidak langsung, itu sudah "meng iya kan ada nya MC"benarkah,,,????
  • pertanyaan baru muncul mengenai dana cadangan digunakan saat situasi seperti apa,,??? apakah mendukung "adanya MC tadi,,,???" 
  • jadi kita harus injeck dana segar,,??dan ada juga pendapat bahwa teknik hedging tidak menggunakan money managemant,,Itu salah besar,,,!!!
Indikator atau alat bantu pnentu tren dan alat bantu penentu titik jenuh beperan sangat penting dalam semua strategi bisnis perdagangan,,jadi dengan mengetahui titik jenuh buy/sell dan mengtahui pola reversal pembalikan harga dan kita tau kapan kita harus menutup dan membuka transaksi baru,,,teknik hedging bisa dilakukan jika dirasa cocok oleh pemakainya..karena semua strategi memiliki visi misi yg berbeda,serta memiliki sisi kelemahan serta kunggulan masing2,,,dan juga tidak ada pelaku pasarnya yang 100% mampu memprdisi pasar karena pelaku pasarnya bukan hanya kita sendiri,,,dan tidak ada indikator paling akurat selain LOGIKA,,ingat LOGIKA...dipadukan dengan sebuah teknik dan stratgi perdagangan dan masuk akal seta logika kita sebagai manusia...yang namanya MM (money manageman) wajib dimiliki seorang pedagang forex,,target yang terukur,disiplin,,sabar harus dimiliki oleh setiap pelaku nya,,target finansial harus terukur menggunakan rentang waktu yang berjangka,,(semua bisa anda baca pada artikel websit ini)

Contoh kasus yang saya alami sendiri sebagai pelaku bisnis antara bisnis online dan bisnis ofline,,Untuk online saya adalah pedagang forex dan untuk ofline saya pedagang handphone
ini murni pengakuan pribadi saya,,,yang saya kaitkan satu sama lain antara online dan ofline, 

OFFLINE trade,,,,
Untuk usaha hanphane saya harus mengetahui tren /musim /bren masa kini,,jenis HP apa yang harus saya jual dan saya sediakan sebagai suplay (support) untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan para pelanggan (resistance),,saya tidak menjual satu jenis product tetapi banyak product untuk memenuhi permintaan pasar,,
saat terjadi berubahan bren/musim/ jelas permintaan pelanngan akan berubah dan saya akan menyisakan stock suplay lama karena sudah berkurang peminatnya dan pastinya harga akan turun karena sudah tidak musim lagi,,secara nyata jelas sebagian dana saya vacum pada suplay lama,,tetapi dilain sisi saya memperoleh keuntungan dari tren prtama ini dan saya harus mengikuti tren/musim baru sedangkan jelas saya masih memiliki keuntungan dari hasil penjualan setengah dari stock suplay untuk kembali mensuplay pada tren baru,,,Saat seperti ini maka dana cadangan mulai beraksi untuk mengikuti tren baru dengan target kuntungan yang baru pula,,,biasanya tren perkembangan akan terjadi beberapa kali dalam dekade tertentu misalkan dalam 3 bulan sekali,,,muncul pertanyaan bagaimana stock suplay saya yang vacum,,,???
ada 2 kmungkinan yang akan saya lakukan yaitu langsung melakukan lelang harga atau membiarkan saja vacum sementara,,dan akan ada tindakan diakhir periode nanti,,,karena sudah memiliki target finansial yang terukur,,,dalam tanda kutip "saya mengalami kerugian pada stock suplay" dan saya harus menggunakan dana cadangan untuk kembali mengangkat gairah pasar sesuai tren dan akan kembali meraih keuntungan tentunya dengan target keuntungan yang lebih besar,dalam rentang waktu yang hampir sama sekitar 3 bulan kdpan dengan menambah kapasitas modal untuk mengikuti tren baru tersebut,,,dan setelah terjadi perubahan 2 musim/tren,,maka tren itu akan kembali berubah akan kembali berubah,,dan disaat seperti ini selama 6 bulan saya akan mengalami 2 kali masa keuntungan dan 2 kali mengalami masa vacum untuk stock suplay dalam kurun waktu 1 semester (6 bulan) nah saat ini lah saya akan melakukan tindakan dengan cara melakukan discount % dari stock suplay  barang yang vang 2 kali mengalami Vacum dan telah melalui perhitungan dan prediksi analisa yang matang,,,peluangnya adalah pelanggan yang telah jenuh pada tren sekarang akan sedikit melirik pada stock vacum yang lama ditambah dengan discount,,,dalam strategi diskount ini bukan untuk meraih kuntungan,,tetapi memperkecil tingkat kerugian yang terjadi akibat barang vacum tersebut karena keuntungan telah saya peroleh dari 2 musim/tren yang berlangsung sebelumnya,,,dengan money managemant (MM) dan target finansial yang terukur yaitu 1 semester serta melakukan aksi diskount saya sudah meminimalkan kerugian yg saya terima dan jika saya kalkulasikan maka persentase keuntungan lebih besar dari krugian,,,ini akan saya kaitkan dengan bisnis online yang sama yaitu perdagangan forex online dengan memggunakan manageman pengolahan modal yang sama,,,

ONLINE Forex trade,,,
sama seperti ofline tadi saya akan mempelajari terutama tren/musim dengan rentang waktu lebih kurang 3 bulan,,stelah saya tau Tren sell yang terjadi saat ini saja akan mulai melakukan aksi headging jual beli (buy sell) dan secara tidak sadar saya membiarkan transaksi buy sell tersebut mengikuti arah pergerakan harga,,,dan disini saya menggunakan pair AUD/USD TF D1 karna disini akan terbentuk tren skunder yang terjadinya lebih kurang 3 bulan,,transaksi terjadi karena online sampai pada akhir priode pertama dan saya akan melepas dan meraih keuntungan pada posisi sell dan menyisakan transaksi Buy dan ini akan Rugi (Vacum,,)
kembali dengan CATATAN....!!!! kita harus pemprhitungkan,,menganalisa,dan memprediksi perubahan tren/musim di priode pertama yaitu buy,,,setelah yakin tren berubah buy saya gunakan kembali dana cadangan untuk mendongkrak ketahanan ayunan prgerakan harga,,,saya kembali menunggu sampai tren up berakhir pada priode lebih kurang 3 bulan dan jelas bahwa vacumnya posisi buy yang prtama telah mengalami fase discount % sehingga kerugian semakin mengecil sampai saatnya tren berubah kembali pada tren sell dan dan disini lakukan kuncian sell,,jadi ada 2 pasang transaksi buy dan sell diakhir 2 periode,,,yang sudah terjadi,,,ada perbedaan antara online dan ofline tadi,,tetapi jika dikaji secara seksama ada persamaan dalam strategi bisnisnya,,perbedaan jelas pada product tetapi strategi meraih keuntungannya adalah sama,,dimana jika di akumulasikan maka lebih besar keuntungan dari pada kerugian seperti yang tertera pada artikel saya sebelumnya,,,
Strategi hedging-logika-1
Strategi hedging-logika-2
dan selebihnya untuk pergerakan forex saya anggap anda sudah paham,,saya hanya seekedar mengaitkan LOGIKA perdagangan diantara 2 product yg berbeda yang memberikan situasi dan kondisi yang berbeda pula,,tetapi stratgi dan tujuannya adalah sama yaitu meraih kuntungan scara berjangka dan berkala,,,

saya tidak mengharapkan anda untuk menganut system ini,,dan tidak mengharapkan anda memperdebatkannya,,,ini hanyalah sekedar pengetahuan dan pemahaman logika tentang sebuah bisnis perdagangan yang dilakukan oleh para pelaku pasar perdagangan baik mikro atau makro,,,,,,
saya yakin anda akan bersikap logika dan realistis dalam membangun bisnis anda khususnya di bidang forex trade online,,
salam sukses untuk anda,,,

untuk bergabung bersama kami di forum Forex Community ikuti tautan dibawah ini
http://www.facebook.com/groups/231555900283630/



Share this article :